Lompat ke konten

15 Makanan Bantu Tingkatkan Imun Tubuh

Sistem imun tubuh yang kuat dapat membantu menjaga daya tahan tubuh seseorang agar tetap sehat sehingga rentan terinfeksi dengan bakteri maupun virus. Sistem imun terdiri dari organ, sel, jaringan, dan protein, yang secara bersama melawan patogen yaitu virus, bakteri, dan benda asing yang menyebabkan infeksi atau penyakit dalam tubuh. Ketika sistem kekebalan bersentuhan dengan patogen hal tersebut memicu respon imun, yang menyebabkan sistem kekebalan melepaskan antibodi dan melawan bakteri serta virus yang masuk kedalam tubuh. Meningkatkan sistem imun tubuh dapat Anda lakukan dengan memulai mengkonsumsi beberapa makanan sehat. Berikut ini 15 makanan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh Anda:
Brokoli 
Brokoli dilengkapi dengan kandungan vitamin dan mineral. Dikemas dengan vitamin A, C, dan E, serta banyak antioksidan dan serat lainnya. Brokoli adalah salah satu sayuran tersehat yang dapat Anda konsumsi. Kunci untuk tetap menjaga kesegaran sayur brokoli adalah dengan memasaknya secara langsung. Brokoli salah satu sayuran yang mengandung multi vitamin A, C dan E selain itu brokoli juga mengandung banyak antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Karena brokoli mengandung antioksidan sehingga dapat membantu meningkatkan imun tubuh.
 

Cokelat Hitam

Sumber: Pexels.com
Cokelat hitam mengandung antioksidan disebut theobromine, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang diproduksi tubuh ketika memecah makanan atau bersentuhan dengan polutan. Radikal bebas memiliki dampak negatif yaitu dapat merusak sel-sel tubuh sehingga menyebabkan beberapa penyakit. Walaupun memiliki manfaat dapat meningkatkan sistem imun, namun perlu Anda ketahui jika cokelat hitam mengandung tinggi kalori dan lemak jenuh sehingga sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang.
Bayam
Sumber : Pexels.com

Bayam mengandung antioksidan serta beta karoten, keduanya memiliki manfaat dapat meningkatkan kemampuan dalam melawan virus da bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Bayam paling sehat ketika dimasak secara langsung dan tidak terlalu lama sehingga kandungan nutrisinya tetap terjaga. 

Ikan
Sumber: pexels.com

Vitamin D sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh yang tepat dan salmon menjadi salah satu  sumber makanan yang  mengandung lemak omega-3 dan vitamin D.  Hanya setengah fillet salmon sockeye (198 gram), ada 815 IU (unit internasional) vitamin D, per USDA. Untuk konteksnya, National Institutes of Health (NIH) merekomendasikan bahwa rata-rata orang dewasa mengonsumsi antara 600-800 IU vitamin D setiap hari. Namun, beberapa penelitian menyarankan untuk mengonsumsi setidaknya 1.000 IU vitamin setiap hari untuk kesehatan yang optimal. Faktanya, Anda dapat dengan aman mengonsumsi vitamin D sebanyak 4.000 IU setiap hari, yang mungkin sangat bermanfaat bagi mereka yang tinggal di daerah yang tidak banyak terkena sinar matahari.

Pepaya
Sumber: pexels.com

Pepaya salah satu buah yang mengandung vitamin C, kalium, vitamin B dan juga folat. Selain itu, pepaya juga mengandung papain yang bermanfaat sebagai anti inflamasi, sehingga baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. 

Ubi Jalar
Sumber : Pexels.com
Ubi jalar kaya akan beta karoten, sejenis antioksidan yang memberi warna oranye pada kulit ubi jalar. Beta karoten adalah sumber vitamin A  ini dapat membuat kulit tampak lebih sehat dan bahkan dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan kulit dari sinar ultraviolet (UV).
Yoghurt
Sumber : pexels.com
Yoghurt merupakan salah satu sumber vitamin D yang baik. Dengan mengkonsumsi yoghurt dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga membuat tubuh tidak mudah terpapar virus dan bakteri. Anda dapat mengkonsumsi yoghurt dengan beberapa tambahan seperti madu ataupun rasberi.
 Cuka apel
Sumber : pexels.com
Mengkonsumsi cuka apel dapat membantu Anda mencerna makanan serta merangsang pencernaan untuk meningkat produksi asam lambung. Cuka apel memiliki sifat sebagai antivirus serta antimikroba, sehingga dapat mengurangi pertumbuhan bakteri yang hidup di saluran gastrointestinal (GI), peran penting tersebut dapat mendukung sistem kekebalan dalam tubuh.
Kaldu tulang
Sumber : pexels.com
Mengkonsumsi kaldu tulang sapi memiliki efek dapat menyembuhkan lapisan usus sehingga mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Kaldu tulang mengandung berbagai mineral serta senyawa yang memiliki manfaat dapat menyembuhkan luka atau penyakit seperti, gelatin, kolagen, asam amino profilin, glutamin, serta arginine.
Teh hijau
Sumber : pexels.com
Teh hijau hanya mengandung sedikit kafein, sehingga orang dapat menikmatinya sebagai alternatif dari mengkonsumsi teh hitam atau kopi. Mengkonsumsi teh hijau juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sama seperti blueberry, teh hijau mengandung flavonoid yang dapat mengurangi risiko terkena flu.
Kimchi
Sumber :Pexels.com
Proses yang dihasilkan dari fermentasi kimchi tidak hanya soal rasa yang unik, namun dalam proses tersebut juga menghasilkan kultur probiotik hidup yang aktif sehingga meningkatkan integritas usus. Makanan khas asal Korea Selatan tersebut mengandung banyak serat, serta kaya akan antioksidan secara kuat sehingga mampu membersihkan racun dalam tubuh secara alami.
Biji Bunga Matahari
Sumber : Pexels.com
Biji bunga matahari (Chia Seed) bisa menjadi tambahan yang lezat saat mengkonsumsi salad atau menu sarapan lainnya. Chia Seed mengandung tinggi akan vitamin E serta antioksidan. Penggabungan vitamin E serta antioksidan dapat meningkatkan fungsi imun tubuh. Karena manfaatnya Chia Seed dapat melawan radikal bebas, yang dapat merusak sel. 

Kacang Almond
Sumber : Pexels.com
Kacang almond adalah sumber vitamin E yang sangat baik, selain itu almond juga mengandung mangan, magnesium, dan serat. Segenggam kecil atau seperempat cangkir almond adalah camilan sehat yang dapat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh.
Jeruk atau Buah Kiwi
Sumber : Pexels.com
Jeruk dan kiwi adalah sumber vitamin C yang sangat baik, sekaligus vitamin yang digunakan banyak orang ketika mereka merasa flu atau sedang tidak enak badan.
Paprika Merah
Sumber : Pexels.com

Ingin lebih banyak vitamin C, tambahkan paprika merah ke dalam saus salad atau pasta Anda. Satu paprika merah berukuran sedang mengandung 152 miligram vitamin C, dan cukup untuk memenuhi asupan referensi diet Anda. Paprika juga merupakan salah satu sumber beta karoten, prekursor vitamin A (retinol). Vitamin A memiliki peran penting untuk kesehatan kulit, selaput lendir dan sistem kekebalan tubuh Anda. 

CV. Wahana Surya hadir dengan membantu melengkapi kebutuhan rumah tangga Anda, menyimpan makanan jauh lebih tahan lama dan tetap segar hanya dengan menggunakan Delipack (Thinwall). Delipack (Thinwall) merupakan produk plastik kemasan yang aman digunakan untuk makanan, dan dapat digunakan menyimpan makanan pada suhu panas maupun dingin. 
Bagi Anda yang ingin mencari serangkaian produk plastik rumah tangga, CV. Wahana Surya menawarkan berbagai macam produk plastik rumah tangga mulai dari Baskom, Keranjang, Wakul, Kontainer Box, Toples, Thinwall, Pot Bunga, Timba dan lainnya. 

 

 

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Hubungi Kami

Bila anda berminat dengan aneka produk yang diproduksi CV Wahana Surya, segera hubungi Customer Service kami .