Lompat ke konten

5 Jenis Makanan & Minuman untuk pulihkan energi selama puasa

Bulan Ramadan merupakan momen paling ditunggu bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia. Selama bulan suci Ramadan berlangsung, umat muslim harus menjaga hawa nafsu dan menjalankan puasa.  Ibadah puasa mewajibkan umat muslim untuk tidak makan dan minum apapun sejak fajar hingga matahari terbenam. Agar menjalankan ibadah puasa dengan maksimal, Anda perlu mencukupi asupan gizi bagi tubuh agar tetap sehat serta bisa beraktivitas normal. Berikut 5 jenis makanan & minuman yang bisa pulihkan energi selama berpuasa seharian penuh :

1. Ikan dan Daging (protein)

Protein tidak hanya berperan untuk mempercepat terbentuknya jaringan otot pada tubuh, tetapi juga penting sebagai glikogen yang akan dipecah agar tubuh tetap berenergi, meskipun sedang berpuasa. Kandungan protein dapat diperoleh saat mengkonsumsi telur, ayam, ikan ataupun daging sapi saat sahur dan berbuka. Selalu usahakan dalam mengolah makanan yang mengandung protein tidak mengandung banyak garam yang bisa menyebabkan Anda cepat merasa haus. Untuk menyimpan daging sapi agar tetap segar, masukkan daging kedalam KOTAK MAKAN dan simpan di lemari es. 

2. Makanan & Minuman Manis

Jika dihitung, berpuasa akan memakan waktu selama 13 jam. Sepanjang itu pula seseorang yang berpuasa tidak mengonsumsi apapun, sehingga tidak mendapat asupan nutrisi, dan energi yang dibutuhkan tubuh. Gula dari makanan atau minuman mampu meningkatkan kadar gula darah yang turun selama berpuasa. Makanan manis yang dianjurkan saat berbuka puasa adalah buah kurma dan minuman yang berasal dari jus atau sari buah alami. Gula darah sendiri merupakan sumber energi utama dalam tubuh, yang menjadi penyebab lemas dan ngantuk saat kadarnya berada di bawah normal. Setelah diolah menjadi jus atau sari buah, minuman ini dapat disimpan dalam WATERJUG dan disajikan menggunakan GELAS PLASTIK.

3. Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Setiap hari, Anda akan makan sebanyak tiga kali. Namun saat puasa, Anda hanya makan sebanyak dua kali, yaitu pada saat sahur dan berbuka puasa. Jarak ini tentu akan mendorong Anda untuk lebih membekali diri dengan asupan nutrisi, salah satunya adalah karbohidrat. Makanan yang dikonsumsi saat sahur memiliki pengaruh yang sangat penting terhadap kelancaran ibadah puasa yang akan dijalani.  Beberapa menu yang tergolong karbohidrat kompleks yang bisa dipilih di antaranya adalah nasi merah, pasta, roti gandum dan oatmeal. Untuk menyajikan pasta atau spaghetti dapat menggunakan PIRING PLASTIK yang cekung agar penggunaan alat makan garpu menjadi lebih mudah.

4. Buah-Buahan

Bulan puasa adalah bulan yang penuh berkah. Namun, jangan sampai dehidrasi dan kehilangan nutrisi sehingga tubuh lemas dan ibadah puasa jadi batal. Salah satu cara untuk menjaga agar tubuh tetap fit saat menjalani bulan puasa adalah dengan memperhatikan asupan buah-buahan. Ada beberapa buah yang sangat disarankan dikonsumsi saat puasa karena mengandung banyak air dan kaya akan vitamin seperti buah jeruk, air kelapa, dan semangka. Air yang terkandung dalam buah tersebut mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang dan dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Mencuci buah sebelum dikonsumsi sangat direkomendasikan untuk menghilangkan residu yang menempel pada permukaannya. Bahan makanan segar tidak boleh dicuci sampai benar-benar akan dikonsumsi. Mencuci buah sebelum disimpan hanya akan menumbuhkan bakteri. Anda dapat menggunakan WAKUL PLASTIK untuk mencuci buah karena memiliki ukuran yang besar sehingga dapat menampung banyak buah.

5. Sayur-Sayuran

Saat berpuasa, mengonsumsi buah dan sayur sangat disarankan, karena kaya manfaat yang dapat menunjang berbagai aktivitas selama berpuasa. Aneka macam sayur seperti bayam dan brokoli yang memberikan beragam manfaat bagi tubuh, karena banyak mengandung serat dan nutrisi. Air minum yang hanya bisa diminum di waktu sahur dan berbuka atau perubahan pola tidur bisa membuat Anda mengalami sembelit dan dehidrasi.

Dengan mengkonsumsi sayuran selama ibadah puasa dapat membantu mengurangi hal-hal tersebut. Sayur dapat disimpan didalam KOTAK MAKANAN agar tidak cepat layu dan higienis sebelum diolah menjadi makanan yang sehat dan bergizi. Agar Anda dan keluarga dapat menunaikan ibadah puasa dengan lancar, selalu siapkan menu sehat saat bulan Ramadan. Selain itu, hindari melewatkan sahur, makan secara berlebihan saat berbuka, dan kurang minum.

CV Wahana Surya merupakan pabrik plastik perlengkapan rumah tangga terlengkap dan sudah tersebar di seluruh kota di Indonesia. Diproduksi menggunakan bahan baku plastik yang berkualitas dan diproses dengan mesin modern yang berkapasitas tinggi, menghasilkan produk yang berkualitas dan mutu terjamin serta memiliki harga produk yang sangat kompetitif guna mendukung bisnis beberapa agen perabotan plastik dan distributor perabotan plastik yang tersebar di seluruh Indonesia.

CV Wahana Surya sudah mempunyai beberapa merk di antaranya :

Susan Plastic Houseware yang menyediakan segala perlengkapan kebutuhan rumah tangga seperti baskom, keranjang, container box, tong air dan masih banyak lagi.

Maxima Furnitures terdiri dari produk furniture seperti kursi, meja, laci, lemari.

Delipack menyediakan berbagai macam ukuran dan bentuk thinwall

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Hubungi Kami

Bila anda berminat dengan aneka produk yang diproduksi CV Wahana Surya, segera hubungi Customer Service kami .