Lompat ke konten

Aturan Terbaru Waktu Karantina Bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri

karantina

Pemerintah memutuskan penyesuaian lama karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri. Seperti diketahui, berdasarkan surat keputusan ketua satuan tugas penanganan Covid-19 nomor 1 tahun 2022 mengatur tentang lamanya karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri. Masa karantina pelaku perjalanan luar negeri di Indonesia berganti dari yang 14 hari menjadi 10 hari dan yang 10 hari menjadi 7 hari. Keputusan ini disampaikan menteri setelah rapat terbatas.

“Kita baru selesai ratas dipimpin oleh Bapak Presiden, semua angka-angka membaik. Yang pertama mungkin ada dua hari berselang kasus kematian tidak ada dalam kasus Covid-19 ini, yaitu tanggal 26 dan tanggal 2 menjadi zero death,” kata Luhut.

Surat keputusan ini mengatur pelaku perjalanan dari luar negeri wajib karantina 14 hari jika negara asal kedatangan memiliki kriteria sebagai berikut :
a. Telah mengonfirmasi transmisi komunitas varian baru SARS-CoV-2 B.1.1.529.
b. Secara geografis berdekatan dengan negara transmisi komunitas kasus varian baru SARS-CoV-2 B.1.1.529.
c. Jumlah kasus konfirmasi SARS-CoV-2 B.1.1.529 lebih dari 10.000 kasus.

Untuk negara yang tidak memiliki kriteria di atas, wajib menjalani masa karantina selama 10 hari serta surat keputusan tersebut juga mengatur ketentuan pelaku perjalanan yang bisa menempati tempat karantina terpusat, di antaranya:
a. Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kembali ke Indonesia untuk menetap minimal 14 (empat belas) hari di Indonesia;
b. Pelajar/Mahasiswa yang kembali ke Indonesia setelah menamatkan pendidikan atau melaksanakan tugas belajar di luar negeri;
c. Pegawai Pemerintah yang kembali ke Indonesia setelah melaksanakan perjalanan dinas ke luar negeri; dan
d. Perwakilan Indonesia dalam ajang perlombaan atau festival tingkat internasional.

karantina

Lebih lanjut Luhut mengatakan, pemerintah telah melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi varian Omicron. Yakni mulai dari vaksinasi Covid-19, obat dan rumah sakit serta kesiapan dokter. “Semua yang dibutuhkan untuk itu kita sudah siapkan. Jadi jauh lebih siap dari kejadian pada Juli tahun lalu,” ujar Luhut. Selain itu, Luhut juga menginstruksikan agar tidak ada lagi diskresi karantina bagi pihak manapun. Luhut menyatakan, disiplin menjadi kunci untuk mengantisipasi varian Omicron.

Temukan artikel dengan informasi bermanfaat lainnya disini! Selain menyediakan artikel, Wahana Surya juga menyediakan beragam peralatan rumah tangga. Beberapa diantaranya perabot dapur, perabot kamar mandi dan furniture plastik.

 

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Hubungi Kami

Bila anda berminat dengan aneka produk yang diproduksi CV Wahana Surya, segera hubungi Customer Service kami .