Beranda » Informasi » Jenis Plastik Yang Sering Digunakan Sebagai Bahan Furniture

Jenis Plastik Yang Sering Digunakan Sebagai Bahan Furniture

  • by
jenis plastik

Sadarkah Anda bahwa kebanyakan furniture rumah yang sering digunakan terbuat dari bahan baku plastik? Plastik merupakan salah satu jenis material yang dapat kita temukan di hampir segala jenis produk, termasuk peralatan rumah tangga dan furniture. Mengapa bahan ini sering dijadikan pilihan? Hal tersebut disebabkan oleh beratnya yang cenderung ringan dan kuat serta harganya yang lebih ekonomis dibanding dari bahan lainnya, sehingga furniture dan peralatan berbahan plastik dipastikan cocok dengan budget sebagian besar masyarakat umum.

Selain itu, keunggulan furniture dan peralatan rumah tangga  yaitu anti air ini memiliki perawatan yang sangat mudah. Hanya perlu pembersihan yang sederhana seperti menggunakan lap dan sedikit semprotan air bersih. Ditambah, plastik juga tidak mudah dirusak serangga seperti rayap.

Tapi apakah Anda tahu bahwa plastik memiliki beragam jenis yang tentunya mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Dalam artikel kali ini akan membahas jenis plastik yang biasa digunakan sebagai material furniture. Langsung simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS)

Acrylonitrile Butadiene Styrene atau yang sering disebut ABS adalah sebuah polimer organik pembentuk plastik yang memiliki daya tahan yang cukup tinggi. Plastik jenis ini umum digunakan karena materialnya yang mudah dibentuk serta tingkat durabilitasnya yang baik. Furniture yang terbuat dari ABS tidak akan meninggalkan goresan apabila tidak sengaja tergesek oleh benda tajam seperti pisau atau penggaris besi.

Biasanya, ABS digunakan sebagai material untuk kursi, meja, hingga rak buku kecil. Tak hanya itu, plastik ABS juga sering digunakan sebagai bahan dasar mainan seperti Lego.

Polypropylene (PP)

Polypropylene atau yang disebut PP kerap digunakan untuk kehidupan sehari hari seperti kemasan produk pangan, spare part ragam alat transportasi, dan bahan tekstil. PP bersifat fleksibel sehingga mudah dibentuk menjadi ragam bentuk barang apapun. Meski begitu, bukan berarti PP mudah patah.

Hebatnya lagi, plastik PP tidak mengandung unsur bisphenol A yang zat berbahaya yang biasanya ditemukan di kemasan produk pangan. Karena itu, segala bentuk dekorasi dan furnitur yang terbuat dari plastik PP aman digunakan, terkhusus di sekitar si kecil.

Polycarbonate (PC)

Bentuk fisik plastik polycarbonate atau PC hampir menyerupai kaca karena tembus pandang. Seperti dua jenis plastik sebelumnya, PC memiliki elemen yang memudahkannya dibentuk menjadi ragam barang, seperti komponen pada ragam spare part alat transportasi, kepingan CD dan DVD, dan lensa kamera atau benda optikal lainnya. Karakteristik lain dari PC adalah kuat dan dan tahan banting.

Plastik PC juga bisa kita temui di rumah, lho. Selain kursi, Anda bisa menemukan PC yang sudah dibentuk pada kaki meja. PC pun kerap kali digunakan sebagai pengganti kaca pada rumah kaca.

Pastikan sebelum Anda membeli Furnitures plastic, tidak mengandung zat BPA agar bisa aman digunakan di sekitar anak kecil. Semoga penjelasan ini dapat membantu Anda ketika memilih furnitur plastik, ya!

Bila anda berminat dengan produk dari CV Wahana Surya, segera hubungi Customer Service :
Whatsapp : 0818-861-999
Email : [email protected]